Kamis, 25 Agustus 2016

Eksotisme Pemandangan di Tengah Perbukitan Menoreh



Waduk Sermo



Waduk Sermo adalah satu-satunya waduk yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk ini berlokasi di Dusun Sermo, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Waduk Sermo berada di tengah-tengah perbukitan menoreh.
Waduk sermo membentang sangat luas, jarak lintasan waduk sermo sekitar 21 kilo meter. Jika anda berkunjung pada sore hari maka anda akan disuguhi indahnya suasana petang dan diselimuti dinginnya hawa waduk sermo. 

            Waduk Sermo hanya berjarak sekitar 5-6 kilo meter dari pusat kota wates. Untuk menuju waduk sermo banyak alternatif cara :
1. menggunakan transportasi umum
            Jika anda hendak menggunakan transportasi umum maka saya sarankan anda untuk berangkat lebih pagi. Jarangnya transportasi umum menjadi kendala utama, namun jika ini merupakan pilihan anda, maka anda dapat menunggu angkutan desa di terminal wates. Ongkos yang dibebankan hanya 5.000 rupiah.
2. menggunakan kendaraan pribadi
            Cara ini merupakan cara yang sangat direkomendasikan. Dengan menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor anda akan mendapatkan efisiensi waktu. Karena hanya dengan waktu 15 menit dari pusat kota wates anda sudah berada di waduk sermo.
            Untuk menikmati indahnya panorama eksotika waduk sermo anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Harga tiket masuk per orang hanya 2000, dan biaya tambahan untuk mobil 5000, motor 2000, dan bus 5000. Tentu merupakan keunggulan tersendiri dengan harga tiket yang sangat murah.
            Jika anda ingin menikmati berbagai makanan khas daerah kulon progo, anda dapat mampir di salah satu restoran yang berada di dalam area waduk sermo yaitu Gendhis Resto. Restaurant ini beroperasi dari jam 09.00 hingga 16.00. Gendhis resto menyediakan makanan dan minuman khas daerah dengan rentang harga mulai dari 10.000 samapai 50.000 untuk makanan dan 2.000 sampai 20.000 untuk minuman. Menu yang ditawarkan diantaranya :
Minuman
1. Legen
2. Es kelapa muda
3. Dawet Ayu, dll
Makanan
1. Nasi urap
2. pecel
3. ayam bakar
4. ikan bakar
5. growol dll.
            Saat ini waduk sermo juga memiliki banyak spot untuk berfoto, di antaranya : spot foto bambu air. Selain itu waduk sermo juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti : lahan parkir yang luas, gazebo, toilet, dan berbagai fasilitas lainnya. Namun untuk gazebo anda perlu menyewa dengan biaya 25.000 untuk jam pertama dan tambahan 5.000 untuk jam selanjutnya.
Sejarah
Proyek pembangunan Waduk Sermo merupakan salah satu komponen program IISP (Integreted Irrigation Sector Project) yang pembiayaannya berasal dari APBN murni dan bantuan ADB. Studi kelayakan Waduk Sermo dilakukan oleh Mac Donald tahun 1980, dilanjutkan oleh PT Indra Karya tahun 1985 dan 1991. Penelitian untuk mengetahui waduk sermo layak dibangun dari segi teknis dan ekonomis dilakukan oleh ELC – Electroconsult pada tahun 1992. Waduk Sermo ini dibuat dengan membendung Kali Ngrancah yang dapat menampung air 25 juta meter kubik. Pembangunannya diselesaikan dalam waktu dua tahun delapan bulan (1 Maret 1994 hingga Oktober 1996). Waduk Sermo ini diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto dan akhirnya resmi beroperasi pada tahun 1997. Pembangunan waduk sermo ini membuat Pemda Kulonprogo harus memindahkan 107 KK dengan bertransmigrasi ke Tak Toi Bengkulu, dan ke PIR kelapa sawit Riau.
Tujuan pembangunan waduk ini adalah untuk suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki cakupan areal seluas 7.152 Ha. Sistem irigasi tersebut merupakan interkoneksi dari beberapa daerah irigasi, diantaranya Clereng, Pengasih, dan Pekik Jamal.
Pembangunan Waduk Sermo diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian melalui perluasan areal, effisiensi air irigasi dan peningkatan intensitas tanam, sehingga diharapkan dapat memperbaiki pendapatan petani dan meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan kesempatan kerja di daerah tersebut.
Keunikan
Waduk Sermo merupakan waduk dengan bendungan terbaik. Karena sejak awal pembangunannya hingga sekarang, bendungan Waduk Sermo belom mengalami kerusakan yang serius. Waduk ini juga berada di tengah-tengah perbukitan menoreh sehingga memiliki eksotisme pemandangan yang luar biasa. Sejuknya hawa pegunungan dan keramah tamahan penduduk lokal merupakan atraksi utama bagi para wisatawan lokal maupun manca Negara.

Kurangnya transportasi yang menunjang merupakan faktor utama penghambat eksistensi Waduk Sermo. Susahnya mendapatkan transportasi umum untuk menuju Waduk Sermo adalah permasalahan pelik. Tapi keindahan Waduk Sermo akan tetap menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Waduk Sermo.

Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar